Teknik Arsitektur

Visi

Menjadikan Jurusan Teknik Arsitektur sebagai tempat pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi Arsitektur yang berwawasan lingkungan dan mampu berkompetisi di era pasar bebas ASEAN.

Misi

  1. Membentuk sumber daya manusia yang  berkepribadian mandiri, disiplin dan mampu belajar sesuai dengan wahana Tridharma Perguruan Tinggi;
  2. Meningkatkan kualitas mutu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran secara berkelanjutan dan berkesinambungan
  3. Mengembangkan bakat mahasiswa  agar  kreatif dan inovatif dengan membekali pembelajaran tentang pengetahuan teknologi dan komputerisasi;
  4. Melatih mahasiswa  agar  dapat menciptakan peluang dalam dunia kerja melalui kewirausahaan;
  5. Menciptakan pendidikan sebagai anjang pengembangan diri dan tantangan dalam dunia globalisasi.

A. Struktur Organisasi Teknik Arsitektur

B. Kurikulum Teknik Arsitektur

C. Kompetensi Lulusan Teknik Arsitektur

  1. Mampu menerapkan dasar-dasar keilmuan Arsitektur khususnya dalam hal keahlian merancang terutama gedung dalam skala sederhana sampai yang paling komplek, disamping keahlian merancang dalam bidang lain yang mendukung dan terpengaruhi oleh bidang Arsitektur seperti Perancangan Interior, Lanskap, dan Perkotaan.
  2. Memiliki keilmuan perancangan dalam Arsitektur yang berbasis pada kemampuan lebih di bidang teknologi komputer dan software desain Arsitektur

 

D. Prospek Lulusan Teknik Arsitektur

Lapangan kerja lulusan sangat luas, antara lain industri real estate, konsultan, instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kementrian Perumahan Rakyat, dll), peneliti di berbagai lembaga penelitian, dan dosen.

Sebagai bagian dari program Jurusan Arsitektur, lulusan juga dibekali pengetahuan tentang Hukum Perencanaan, Sejarah Budaya, IT dan Manajemen. Dengan demikian, beberapa lulusan juga memilih untuk mengejar karir di bidang Hukum, Jurnalisme dan IT.

Keunggulan dari Bidang Teknik Arsiektur adalah, lulusan yang mampu bekerja mandiri, bahkan bias membuka lapangan kerjabaru. Namun ada juga sejumlah karir lain yang tersedia untuk lulusan Arsitektur, terutama dalam industry konstruksi dan warisan budaya. Kerja sebagaI Surveyor di bidang perencanaan kota juga merupakan pilihan karir yang populer di kalangan para lulusan. Selain itu lulusan juga bias memilih untuk bekerja di organisasi non-profit seperti National Trust yang melibatkan pemeliharaan dari tempat-tempat bersejarah.

 

E.  Studio Gambar, Laboratorium, dan Perpustakaan Jurusan

Perkembangan ilmu dan teknologi di bidang Arsitektur cenderung mengalami perubahan dan kemajua yang pesat dari waktu ke waktu. Karya Arsitektur selalu melibatkan para arsitek dan insinyur yang bersama-sama bersinergi menciptakan karya desain, yang tidak terlepas dari kemajuan teknologi bahan maupun teknik penggambaran, sehingga tercipta estetika bangunan yang menakjubkan. Perhatian di dalam arsitektur keberlanjutan tumbuh secara cepat di awal abad ke-21, hal ini terjadi akibat dari respon perkembangan lingkungan. Cakupan kajian Arsitektur semakin luas seiring dengan makin berkembangnya kebutuhan manusia modern, Arsitektur dituntut untuk selangkah lebih maju dari setiap pencapaian hasil karya yang sudah ada.

Mahasiswa Arsitektur yang berada dalam jalur keilmuan, dalam memenuhi rasa ingin tahunya dituntut untuk andil dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan keahlian khususnya di bidang desain Arsitektural dan mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat sebagai bagian dari penerapan tridharma perguruan tinggi.

Proses perkuliahan yang sebagian besar dilakukan di studio gambar dan ruang terbuka bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang terampil, cekatan, dan senantiasa aktif dalam proses pembelajaran keilmuan Arsitektur. Untuk mendukung dan memperluas proses desain Arsitektur, disediakan perpustakaan jurusan dengan katalog buku yang up to date di bidang Arsitektur.

 

F.  Staff Pengajar Teknik Arsitrektur

No.

Nama Dosen

Bidang Keahlian

1

DR. Yuda Wastu, Ir., MT.

Manajemen Bangunan dan Investasi

2

Husna Izzati, ST., MT.

Landscape, Perancangan Arsitektur

3

Wowo Adizar, Ir., MT.

Teknologi Bangunan

4

M. Fachrudin S., ST

Komputer Arsitektur

5

Zya Dyena M., ST., MT.

Site Planning, Teori Arsitektur

6

Dodi Rahardi, Ir.

Perumahan dan Pemukiman

7

Kahayani Karim, ST.

Estetika, Sejarah Arsitektur

8

Kemal Affandi, Ir.

Struktur dan Utilitas

9

Revantino, ST., MT.

Fisika Bangunan

10

Tarso Suhendar, ST.

Perpetaan

11

Iing Rustandi, ST.

Mekanika Teknik

12

Kunkun Kurnia, S.Ds., M.Ds.

Interior

13

Sungging Handoko, SH., Drs.

Kewirausahaan

 

 

G.  Pimpinan Periode Sebelumnya

PERIODE

KETUA JURUSAN

1986 – 1987

Ir. Goenawan, M. Arch.

1987 – 1991

Ir. Prabowo Adjie

1992 – 2001

Ir. Sjafril Rivai

2001 – 2004

Ir. Tri Wahyu Handayani, MT.

2004 – 2007

Ir. Kemal Affandi

2007 – 2010

Tita Cardiah, ST., MT.

2011 – 2014

Tita Cardiah, ST., MT.

2014

M. Fachrudin Setiono, ST.

2014 – …..

Husna Izzati, ST., MT.

 

 

Tentang Himpunan Mahasiswa :